1.1
Terbiasa membaca al-Qur’an dengan
meyakini bahwa taat pada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja
sebagai perintah agama |
2.1
Bersikap taat aturan, tanggung
jawab, kompetitif dalam kebaikan dan kerja keras sebagai implementa-si dari
pemahaman Q.S. al Maidah/5: 48; Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at-Taubah /9:
105 serta Hadis yang terkait |
3.1
Menganalisis makna Q.S. al-Maidah/5
: 48; Q.S. an-Nisa/4: 59, dan Q.S. at-Taubah/9 : 105, serta Hadis tentang
taat pada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja |
4.1.1
Membaca Q.S. al-Maidah/5 : 48; Q.S. an-Nisa/4:
59, dan Q.S. at-Taubah/9 : 105 sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul
huruf 4.1.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al-Maidah/5 : 48; Q.S. an-Nisa/4: 59, dan Q.S. at-Taubah/9 : 105 dengan fasih dan lancar 4.1.3 Menyajikan keterkaitan antara perintah berkompetisi dalam kebaikan dengan kepatuhan terhadap ketentuan Allah sesuai dengan pesan Q.S. al-Maidah/5 : 48; Q.S. an-Nisa/4: 59, dan Q.S. at-Taubah/9 : 105 |
1.2
Meyakini bahwa agama mengajarkan
toleransi, kerukunan, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan |
2.2
Bersikap toleran, rukun, dan
menghindarkan diri dari tindak kekerasan sebagai implementasi pemahaman Q.S.
Yunus /10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5 : 32, serta Hadis terkait |
3.2
Menganalisis makna Q.S. Yunus/10 :
40-41 dan Q.S. al-Maidah/5 : 32, serta Hadis tentang toleransi, rukun, dan
menghindarkan diri dari tindak kekerasan |
4.2.1
Membaca Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S.
al-Maidah/5 : 32 sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf 4.2.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5 : 32 dengan fasih dan lancar 4.2.3 Menyajikan keterkaitan antara kerukunan dan toleransi sesuai pesan Q.S. Yunus/10: 40-41 dengan menghindari tindak kekerasan sesuai pesan Q.S. Al-Maidah/5: 32 |
1.3
Meyakini adanya kitab-kitab suci
Allah Swt. |
2.3
Peduli kepada orang lain dengan
saling menasihati sebagai cerminan beriman kepada kitab-kitab Allah Swt. |
3.3
Menganalisis makna iman kepada
kitab-kitab Allah Swt. |
4.3
Menyajikan keterkaitan antara
beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt., dengan perilaku sehari-hari |
1.4
Meyakini adanya rasul-rasul Allah
Swt. |
2.4
Menunjukkan perilaku saling
menolong sebagai cerminan beriman kepada rasul-rasul Allah Swt. |
3.4
Menganalisis makna iman kepada
rasul-rasul Allah Swt. |
4.4
Menyajikan kaitan antara iman
kepada rasul-rasul Allah Swt. dengan keteguhan dalam bertauhid, toleransi,
ketaatan, dan kecintaan kepada Allah |
1.5
Meyakini bahwa Islam mengharus-kan
umatnya untuk memiliki sifat syaja’ah (berani membela kebenaran) dalam
mewujudkan kejujuran |
2.5
Menunjukkan sikap syaja’ah (berani
membela kebenaran) dalam mewujudkan kejujuran |
3.5
Menganalisis makna syaja’ah (berani
membela kebenaran) dalam kehidupan sehari-hari |
4.5
Menyajikan kaitan antara syaja’ah
(berani membela kebenaran) dengan upaya mewujudkan kejujuran dalam kehidupan
sehari-hari |
1.10
Mengakui bahwa nilai-nilai islam
dapat mendorong kemajuan perkembangan Islam pada masa kejayaan |
2.10
Bersikap rukun dan kompetitif dalam
kebaikan sebagai implementasi nilai-nilai perkembangan peradaban Islam pada
masa kejayaan |
3.10
Menelaah perkembangan peradaban Islam
pada masa kejayaan |
4.10
Menyajikan kaitan antara perkembangan
peradaban Islam pada masa kejayaan dengan prinsip-prinsip yang
mempengaruhinya |